Halaman

Monday 28 March 2011

BISNIS GAME ONLINE INCAR 4 JUTA GAMER


JAKARTA, Industri game online di Indonesia diproyeksikan mengincar pasar sekitar 4 juta pemain game dari segmen usia muda.          
Eva Muliawati, Managing Director PT Megaxus Infotech-perusahaan hiburan online multimedia terintegrasi di Indonesia, mengatakan potensi total pasar game online akan meningkat dari 4 juta menjadi 6 juta gamer. "Pasar industri game online nasional cukup baik dan potensial," ujarnya seusai peluncuran Game Grand Chase kemarin.
Dia menambahkan penetrasi game online juga dipengaruhi perkembangan infrastruktur broadband dan penetrasi personal computer (PC). Industri game di Tanah Air diramaikan oleh kehadiran sekitar 10 perusahaan yang termasuk pemain besar dan dari total pasar itu, Megaxus yang mengklaim menguasai pangsa pasar terbesar di industri game online Indonesia itu tahun ini menargetkan dapat menambah pangsamenjadi total 5 juta gamer dari total keanggotaan 3,5 juta user saat ini. Sebanyak 70% dari total gamer berusia di atas 18 tahun merupakan pengguna game aktif.
Grand Chase adalah game online yang dikembangkan pengembang Korea Selatan. Game yang dapat dimainkan gratis ini adalah jenis game 2 dimensi realtime online action fighting game yaitu menampilkan arsitektur map 2D side scrolling dengan sistem navigasi tarung bergaya arcade. Pendapatan dari pengguna diraih ketika pengguna ingin memberikan penampilan berbeda pada karakter animasi dengan membeli aksesori pada item shop.
Industri game online di Indonesia umumnya menggunakan model bisnis menyediakan kartu prabayar dengan nominal Rp5.000-Rpl00.000, kartu elektronik yang dapat dibeli di portal gudang voucher.com, ataupun warung Internet di daerah. Megaxus sendiri telah menyediakan empat jenis game sejak 2007 yang hanya dapat dijalankan dan dimainkan melalui perangkat notebook dan PC dan koneksi internet minimal 8 kilobit per second (kbps).
Sumber : Bisnis Indonesia Online
Pertanggal 27 May 2010

Menurut saya, bisnis game online adalah bisnis yang sangat menjanjikan. Penghasilan usaha Game On Line rata-rata bisa meraup penghasilan Rp.1000.000/hari, suatu penghasilan yang fantastis. Lihat saja game online center yang berskala besar seperti di Yogyakarta. Semakin banyak personal computer yang ada semakin banyak pula income yang mereka dapatkan. Hal ini karena pemilihan lokasi yang sangat strategis. Dekat dengan sekolah, kampus ataupun anak-anak nongkrong. Saya yakin animo anak muda penggemar game online semakin lama semakin meningkat.
Teorinya adalah lebih jauh modal untuk membuat game online dengan skala besar memang membutuhkan dana yang sangat banyak. Sekitar Rp 100.000.000,00 untuk skala standar menengah. Karena untuk awalan usaha bisnis game online memang harus melihat bagaimana perkembangan. Misalnya kita harus memantau perkembangan usaha bisnis tersebut untuk tiga bulan pertama. Jika dalam tiga bulan pertama perkembangannya pesat dan animo animo anak muda setempat semakin hari semakin meningkat tidak salah kita untuk menambah personal computer. Hal ini perlu kita lakukan karena usaha bisnis game online di kota besar semakin banyak persaingan. Dan penelitian pasar harus kita lakukan guna membuat usaha bisnis kita makin progress.
Game online adalah salah satu usaha bisnis yang sangat cepat balik modal untuk usaha  dengan sistem yang baik. Berikut ini adalah contoh pendapatan salah satu usaha bisnis game online di Yogyakarta dengan asumsi 30 komputer dan per komputer sendiri dipatok Rp 2000,00 perjamnya dan beroperasi sekitar 20 jam. Maka 30x2000x20= Rp. 1200.000/hari. Omset yang belum full karena belum ditambah dengan penjualan voucher dan menu makanan minuman serta biaya parkir. Lebih jauh Di warnet/game onlinedi Yogyakarta, saya sering melihat ada beberapa anak yang bahkan rela membayar paket sewa 12jam. Hal ini menunjukkan loyalitas konsumen yang tinggi
Persoalannya tinggal bagaimana membangun dan mengelola bisnis warnet yang menguntungkan. Saya lebih berpikir sekarang lebih tertarik ke konsep warnet dan game online yang disatukan. Sehingga akan menjadi lebih banyak income kita. Ini karena komunitas pemain alias gamers ternyata bisa menjadi pangsa pasar yang memiliki loyalitas tinggi terhadap produk layanan game online. Coba saja lihat di game center di sekitar kita. Betapa banyak anak-anak yang rela menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari, di depan komputer. Dan yang dilakukannya hanyalah bermain game online kesayangan. Seperti pointblank yang selama ini mendunia.
Ya, itu mengapa banyak perusahaan hiburan online multimedia terintegrasi seperti PT Megaxus Infotech semakin mengejar pertambahan usaha game online di Indonesia yang lalu didukung pembukaan bisnis game online center di daerah-daerah. Semakin banyaknya pertumbuhan usaha bisnis maka game maker juga semakin gencar menandinginya. Relasi yang kuat semakin terwujud diantara keduanya.
MUHAMMAD ZAENUDDIN
2010/299068/EK/17982- KELAS E



No comments:

Post a Comment