Halaman

Friday 20 December 2013

Entrepreneurial Capacity of Pottery Traditional Craftsmen in Kasongan






A.                 Profil Kasongan (demographic profile)
Kasongan telah menunjukkan kontribusi penting bagi perekonomian Kabupaten Bantul, khususnya dalam sentra kerajinan gerabah, yang menghasilkan ratusan bahkan ribuan keramik dengan berbagai jenis, bentuk dan ukuran. Dimotori oleh lebih dari 300 pengrajin,yang menyerap seribu lebih tenaga kerja membuat sentra kerajinan ini mampu menembus pasar gerabah internasional.
Showroom yang berjajar rapi di kanan-kiri jalan, dipadukan dengan workshop para pengrajin, dimana kita dapat ikut langsung membuat keramik, dan festival seni Kasongan yang rutin diadakan setiap tahunnya, membuat Kasongan menjadi sebuah wisata kerajinan yang berkesan bagi siapapun yang mengunjunginya.

B Location

Nama UKM         : Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Produk                 : Keramik (guci, air mancur, loro blonyo, patung buddha, terra cotta,dll)

Lokasi               : Kasongan (Dusun Kajen, Tirto, Gedongan dan sekitarnya)

Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul D.I.Yogyakarta

Contact               : Desa Bangunjiwo                           : (0274)413340

UPT Koperasi Setya Bawana      :  (0274)370549 // HP       : 085729498790



B.     Unit Produksi (Classification of Pottery Craftsmen in Kasongan)
.
Yang pertama adalah unit produksi yang memang dimiliki oleh pengusaha toko. Sedangkan yang kedua adalah unit produksi independen yang menyetor produknya ke toko-toko di Kasongan. Tipe yang kedua ini dapat juga berupa subkontrak yang menerima pesanan dari toko

C.    Produk (Product innovation, technology and production process)

Produk Unggulan

Hasil kerajinan gerabah Kasongan pada umumnya adalah guci, pot /vas, patung loro blonyo, air mancur, wuwung, dan produk-produk keramik lainnya. Khusus untuk guci, kita dapat menemukan banyak bentuk & varian guci di Kasongan. Karena guci merupakan salah satu jenis keramik yang kerap diburu para wisatawan. Selain karena ukurannya yang beragam.
Produk lain
Kasongan tidak hanya memproduksi guci. Masih banyak produk-produk lain dari keramik yang pamerkan Kasongan. Yang banyak ditemui adalah patung. Patung punokawan seperti Semar, Bagong dan lainnya, lalu ada patung dua pengantin jawa, yang dikenal dengan nama ‘loro blonyo’, patung buddha, serta masih banyak lagi bentuk-bentuk patung yang pastinya menarik untuk dijadikan hiasan rumah. Selain patung, Kasongan juga banyak memproduksi wuwung. Wuwung adalah semacam genteng, yang terletak di bagian tertinggi suatu atap rumah. Jika biasanya penampilan wuwung tak begitu menarik, hanya seperti genteng biasa, di Kasongan lain halnya

D.    Pemasaran (Scope of marketing and communications)
Tidak dapat diragukan lagi, keramik Kasongan telah dikenal oleh banyak orang di berbagai tempat di nusantara dan di belahan dunia yang lain. Produk-produk nya telah di ekspor ke Eropa, Asia dan Amerika. Di Indonesia sendiri, Kasongan merupakan salah satu pemasok kebutuhan gerabah & keramik penduduknya.
Calon pembeli sebagian besar memilih untuk datang langsung ke Kasongan. Setiap harinya, tidak kurang dari 50 orang yang berkunjung ke Kasongan. Jumlah tersebut akan bertambah banyak ketika akhir pekan dan hari libur. Biasanya, mereka datang secara rombongan, dengan menggunakan mobil pribadi maupun bus.
Di Kasongan juga terdapat sebuah kantor yang juga merangkap sebagai showroom dari UPT (Unit Pelayanan Teknis) Bernama Koperasi Setya Bawana (Kopinkra Seni Kerajinan Keramik Kasongan). Koperasi yang terletak satu kompleks dengan hotel Edotel ini dikelola dibawah naungan Dinas Perindagkop Kabupaten Bantul.

No comments:

Post a Comment