Halaman

Wednesday 25 December 2013

Citra dan Status di Sosial Media dari sudut pandang Teori Kebutuhan Maslow [Oleh : M Zaenuddin]


     Maslow menyusun teori motivasi manusia, dimana variasi kebutuhan manusia dipandang tersusun dalam bentuk hirarki atau berjenjang. Setiap jenjang kebutuhan dapat dipenuhi hanya jenjang sebelumnya telah (relatif) terpuaskan (tabel.1) menyajikan secara ringkas empat jenjang basic need atau deviciency need, dan satu jenjang metaneeds atau growth needs.
       Jenjang motivasi bersifat mengikat, maksudnya; kebutuhan pada tingkat yang lebih rendah harus relatif terpuaskan sebelum orang menyadari atau dimotivasi oleh kebutuhan yang jenjangnya lebih tinggi. Jadi kebutuhan fisiologis harus terpuaskan lebih dahulu sebelum muncul kebutuhan rasa aman. Sesudah kebutuhan fisiologis harus terpuaskan lebih dahulu sebelum muncul kebutuhan rasa aman.
       Sesudah kebutuhan fisiologis dan rasa aman terpuaskan, baru muncul kebutuhan kasih sayang, begitu seterusnya sampai kebutuhan dasar terpuaskan baru akan muncul kebutuhan meta.

Inti dari teori kebutuhan manusia menurut Abraham Maslow adalah adanya kebutuhan manusia yang tertinggi adalah Aktualisasi diri yang sayangnya belum semua orang berani dan dapat mewujudkannya. Maka dari itu, adanya Aktualisasi diri oleh Maslow dimasukkan pada tingkat paling atas yang memiliki luas terkecil daripada tingkat dibawahnya







No comments:

Post a Comment